Pengertian pola hidup konsumtif adalah gaya hidup dimana seseorang suka membelanjakan uangnya untuk mengkonsumsi dari pada memilih untuk memproduksi atau membuat sendiri atau bagi orang yang cukup ekstrim dikenal dengan istilah shopaholic atau gemar berbelanja. Mereka sering membeli barang yang tidak begitu penting dan senang membeli barang-barang yang sebetulnya sudah dimiliki.

Pada tingkat lanjut, antara sifat konsumtif dan gaya hidup ini saling terpaut erat. Demi memenuhi gaya hidup, seseorang akan bersifat konsumtif (melakukan pembelian produk atau jasa) meskipun hal tersebut bertolak belakang dengan realitas kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya.

Bayangkan, anda yang sudah memiliki gadged yang bagus dan bermerek, tapi begitu ada gadged lain yang beda merek dan lebih bagus daripada yang anda miliki, anda masih bernafsu untuk memilikinya, meski bandrolnya menyentuh angka “selangit.”, yang menjadi kebutuhan adalah alat komunikasi, terutama telepon dan sms. Kebutuhan internet sebenarnya sudah lebih dari cukup terpenuhi dari gadged yang ada. Namun keinginan akan gadged yang baru karena masi belum banyak banyak orang memakainya membuat gengsi terpancing. Kitapun rela mengorbankan kebutuhan lain yang lebih penting demi menyalurkan hasrat menginginkan sesuatu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s